S1 Manajemen – Fakultas Ekonomi

Logo Manajemen

+62 852 1344 8770

[email protected]

Ruang Kuliah

Berada di komplek kampus Universitas Muhammadiyah Semarang tepatnya di Gedung Kuliah Bersama 1 menjadi pusat pembelajaran bagai mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Gedung berlantai 7 yang menggunakan lift kaca ini memberikan kenikmatan sendiri saat menaikki gedung.

Ruang kuliah ini didesain dengan sempurna untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif. Di depan ruangan, terdapat layar proyektor besar yang menghadirkan gambar dan teks yang jelas untuk mempermudah pemahaman materi. Pada dinding sebelah kanan, terdapat papan tulis yang memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan materi pelajaran.

Tata letak kursi di ruangan ini pun dirancang dengan teliti. Setiap kursi dilengkapi dengan meja lipat yang dapat digunakan untuk menulis atau meletakkan laptop.

Tidak hanya itu, fasilitas pendukung lainnya juga tidak kalah lengkap. Ruangan ini dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang nyaman, menjaga suhu tetap optimal untuk konsentrasi yang maksimal. Sementara itu, pencahayaan ruangan yang terang namun tidak silau memberikan suasana yang menyenangkan dan memudahkan untuk membaca materi pelajaran. Pengeras suara yang memberikan kemudahan saat melakukan presentasi ataupun menjadi audience.

Bagi mahasiswa yang membawa laptop, ruangan ini juga dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi super cepat, memastikan akses ke sumber daya online dengan lancar.

Ruang kuliah ini bukan hanya sekadar tempat untuk belajar, tetapi juga tempat di mana ide-ide bermunculan, diskusi bersemangat terjadi, dan pengetahuan diperluas. Dengan fasilitas yang lengkap dan atmosfer yang mendukung, ruang kuliah ini menjadi sarana yang ideal untuk menginspirasi dan memotivasi para mahasiswa dalam mengejar ilmu.

Laboratorium

Program Studi Manajemen di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan modern untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan praktis bagi mahasiswa. Berikut adalah tiga laboratorium utama yang tersedia di Program Studi Manajemen UNIMUS:

1.      Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer adalah fasilitas yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terkini yang digunakan untuk melatih mahasiswa dalam berbagai aplikasi teknologi informasi yang relevan dengan manajemen. Di sini, mahasiswa dapat mempelajari dan mengembangkan keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak seperti Microsoft Office, perangkat lunak untuk produksi/manajemen operasi, kuantitatif metode, manajemen ilmu pengetahuan, dan operasi penelitian, dan lain-lain. Laboratorium komputer juga menjadi tempat untuk mengadakan pelatihan, workshop, dan proyek pengembangan perangkat lunak.

2.      Mini Bank

Mini bank adalah fasilitas simulasi yang menggambarkan lingkungan kerja di sebuah lembaga keuangan seperti bank. Di sini, mahasiswa dapat mempelajari proses operasional bank, mulai dari pelayanan nasabah, proses transaksi perbankan, manajemen risiko, hingga analisis keuangan. Mahasiswa dapat berperan sebagai teller, customer service, atau bahkan manajer bank dalam simulasi transaksi yang realistis. Mini bank menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam bidang keuangan dan perbankan.

3.      Galeri Investasi Syariah

Galeri Investasi Syariah adalah fasilitas yang didedikasikan untuk mempelajari dan memahami prinsip-prinsip investasi berdasarkan syariah Islam. Di sini, mahasiswa dapat mempelajari produk investasi syariah seperti saham syariah, obligasi syariah, reksa dana syariah, dan lain-lain. Galeri ini dilengkapi dengan berbagai informasi, data, dan perangkat lunak analisis yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis pasar modal syariah. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengadakan diskusi, seminar, dan simulasi investasi untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang investasi syariah.

Dengan adanya fasilitas laboratorium yang lengkap dan berkualitas ini, Program Studi Manajemen memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang terpadu dan relevan dengan tuntutan pasar. Hal ini juga mendukung pengembangan keterampilan praktis mahasiswa sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja setelah lulus.

Perpustakaan

Program Studi S1 Manajemen menempati di gedung kuliah bersama satu (GKB 1) kampus terpadu unimus dan digedung tersebut terdapat fasilitas perpustakaan yang terdapat di lantai 1 GKB 1.

Perpustakaan adalah pusat informasi dan pengetahuan yang penting dalam lingkungan akademik. Ini menyediakan akses ke beragam sumber belajar, termasuk buku, jurnal, dan materi digital. Di sini, pengguna dapat belajar, melakukan penelitian, dan mengembangkan keterampilan literasi informasi. Perpustakaan juga sering menjadi tempat untuk kegiatan akademik dan membentuk budaya membaca yang positif. Dengan semua manfaat ini, perpustakaan merupakan fasilitas penting dalam mendukung pendidikan dan pengembangan intelektual.