FAKULTAS EKONOMI UNIMUS GELAR SEMINAR INTERNASIONAL I-COBEST 2020


Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang adakan Seminar Internasional 1st I-CoBES (Internasional Conference on Business, Entrepeneur and Science) pada Kamis (27/02/2020). Bertempat di Aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran Unimus, turut menghadirkan narasumber professional luar negeri diantaranya Datok Ir. Guntor Tobeng (MD Gading Kencana SDN BHD) dari Malaysia, H. Jamil bakri (CEO Worldwide Green Berhad) dari Malaysia, Adam Musa Lim (Director Ajwa Plantation) dari Cambodja, Adjunct Professor Sr. Dr. Mohd Mazlan Bin Haji Che Mat, JMK, CVM, CQS dari Malaysia, Dr. Baharum Ismail (Chairman Wordwide Green Berhad) dari Malaysia. Seminar juga di isi pembicara dalam negeri yaitu, Dr. Suwardi, MM (Lecturer in Management Program Faculty of Economics Universitas Muhammadiyah Semarang).

Acara tersebut sebagai ajang untuk mengupdate knowledge serta memperoleh pengalaman Internasional dari berbagai bidang termasuk bidang ekonomi baik bagi dosen maupun mahasiswa. Selain itu juga sebagai ajang interaksi Internasional di bidang Manajemen dan Akuntansi, serta memadukan teori ekonomi di kampus dan bisnis secara real di lapangan lewat Science dan Entrepeneur di bidang ekonomi.

WORKSHOP PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN

[SANTRI TIDAK HANYA AHLI MENGAJI, TAPI HARUS PUNYA JIWA ENTREPENEUR]

Bertempat di Aula Gedung Fakultas Kedokteran lantai 7 Unimus, sebanyak 150 pimpinan dan pengelola Pondok Pesantren se- Jawa Tengah mengikuti Workshop Ekopontren atau Ekonomi Pondok Pesantren yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Hadir dan sekaligus sebagai narasumber dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah yang di wakilkan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Drs. Imam Maskur, M.Si), Wakil Ketua Umum MUI Jawa Tengah (Prof. Dr. H. Muhammad Rofiq, MA), Asisten Direktur Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (Esti Binukaningsih, SE, MBA), Pimpinan Imam Syuhdo (KH. Yunus Muhammadi), Dekan Fakultas Ekonomi (Dr. Hardi Winoto, SE, M.Si). Acara ini dihadiri perwakilan Ponpes di Jawa Tengah, Dosen, Mahasiswa dan Ormawa di lingkungan Unimus.

Pesantren merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan Ekonomi sosial masyarakat. Kehadiran ekonomi yang ada di Pondok Pesantren diharapkan dapat membangkitkan jiwa wirausaha untuk peningkatan Ekonomi dan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Oleh sebab itu Fakultas Ekonomi Unimus menyelenggarakan kegiatan workshop dengan pembahasan Ekonomi yang bergerak di Pondok Pesantren yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Tengah, dan dilihat dari latar belakang yang ada kegiatan workshop tersebut merupakan kegiatan yang pas dan strategis untuk di selengarakan yang bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada pimpinan dan pengelola Pondok Pesantren betapa pentingnya pergerakan ekonomi dan jiwa kewirausahaan di terapkan dalam sebuah pondok pesantren . Tujuan lain diadakannya Workshop tersebut adalah selain untuk memberi pengalaman dan pengetahuan kepada pengelola Pondok Pesantren, juga sebagai ajang sharing pengelola. Fakultas Ekonomi Unimus juga merasa bertanggung jawab menjadi role model disemua aspek kehidupan untuk pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren

RAPAT KERJA REGIONAL DAN SEMINAR KSEI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

IMG-20181212-WA0043

Sarah sehan dengan presnas (Dok).

      Semarang. Pada sabtu (24/11/18) Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI) kembali mengadakan rapat kerja regional (RAKEREG). Rapat kerja kali ini dituan rumahi oleh KSEI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Acara dengan tema “Membangun Sinergisitas FOSSEI Gerakolaborasi Untuk Kepemimpinan Yang Tangguh Diera Milenial” berlangsung selama 2 hari yakni dari 24 dan 25 November 2018 dihadiri sekitar 33 KSEI dari berbagai universitas di jawa tengah. Acara ini merupakan acara rutin setiap tahun guna meningkatkan kinerja dari FOSSEI dan KSEI itu sendiri.

Continue reading

Strategi Pengembangan Bisnis oleh Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen

img-20170401-wa0071

Sabtu,1/04/2017 Pak Dodok Sartono saat menyampaikan materinya

Sabtu, 1 April 2017 , Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) S1 Manajemen Universitas Muhammadiyah Semarang menggelar Seminar Regional yang merupakan bagian dari acara  UEF (Unimus Economic Festival) dengan tema “Strategi Pengembangan Bisnis Bagi Usaha Pemula” yang bertempat di ruang 306 lantai 3 gedung Rektorat. Continue reading